Home / Sosbud / Gunung Rokatenda Meletus Lagi

Gunung Rokatenda Meletus Lagi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Gunung Rokatenda Meletus

Gunung Rokatenda Meletus

NTTTERKINI.COM, Maumere – Gunung Api Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 24 Maret 2013 sekitar pukul 18.00 Wita kembali meletus dan menyemburkan debu tebal ke pemukiman penduduk.

“Benar, Rokatenda meletus lagi, Minggu kemarin,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, Tini Thadeus, Senin, 25 Maret 2013.

Letusan itu menyemburkan debu tebal setinggi 50-60 meter yang mengarah ke bagian barat atau menuju ke Desa Natunglea. Namun, tidak berpengaruh pada penduduk, karena sebagian besar warga telah diungsikan ke Maumere, Sikka, dan Maurole, Ende.

Letusan ini, menurut dia, disebabkan gempa guguran yang terus terjadi di gunung Rokatenda, dan diperkirakan letusan ini masih akan terus terjadi. “Letusan ini, karena gempa guguran,” katanya.

Baca Juga :  PVMBG Naikan Status Rokantenda Menjadi Awas

Tidak ada korban jiwa dalam letusan ini, karena sebagian besar penduduk di Pulau Palue telah mengungsi ke Maumere dan Ende. Dengan letusan ini, BPBD sulit memulangkan pengungsi ke Pulau Palue. “Kondisi seperti ini tidak mungkin, kami kembalikan pengungsi ke Pulau Palue,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemda Sikka akan membahas relokasi pengungsi, karena tidak mungkin dikembalikan ke kampung halamannya. Jika direlokasi, pemerintah daerah harus menyiapkan lahan bagi para pengungsi. Sedangkan, BNPB akan membangun hunian sementara (Huntara) bagai ribuan pengungsi gunung Rokatenda itu. “Masih dilakukan koordinasi untuk relokasi warga Palue,” katanya.

Letusan kali ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah pada Oktober 2012 lalu terjadi letusan yang menyebabkan ribuan warga mengungsi, serta pada Februari 2013 lalu. Gunung Rokatenda masih berstatus siaga (Level III). (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]