Home / Sosbud / Gunung Rokatenda Meletus Lagi

Gunung Rokatenda Meletus Lagi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Rokatenda meletus

Rokatenda meletus

NTTTERKINI.COM, Maumere– Gunung api Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 11 Maret 2013 meletus lagi. Setelah letusan terakhir pada 2 Februari 2013 lalu yang menyebabkan ribuan orang mengungsi.

“Letusan hanya sekali, dan tidak sebesar letusan sebelumnya,” kata Petugas Pos Pemantau Gunung Rokatenda, Fransiskus Seda Wangge yang dihubungi dari Kupang, Senin, 11 Maret 2013.

Gunung itu meletus sekitar pukul 10.00 Wita, disertai gempa hingga pukul 10.15 Wita, yang menyebabkan semburan abu vulkanik dengan ketinggian 1.500 sampai 2000 meter dari puncak gunung menuju timur laut Pulau Palue. “Sebelum meletus terjadi gempa sekitar 15 menit,” katanya.

Baca Juga :  BPBD Siapkan Rp 360 Juta Tangani Pengungsi Rokatenda

Namun, rata-rata penduduk di bagian timur laut, telah mengungsi ke tempat yang aman di Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, dan Ropa, Kabupaten Ende, pada letusan pertama lalu. “Tidak ada penduduk lagi, karena semua sudah mengungsi,” katanya.

Gunung Rokatenda dengan ketinggian 875 meter di atas permukaan laut yang masih berstatus siaga, meletus terakhir pada 2 Februari 2013 lalu yang menyebabkan ribuan orang mengungsi. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]