Home / Pendidikan / Hanya 24 Sekolah di Kota Kupang Siap di Akreditasi

Hanya 24 Sekolah di Kota Kupang Siap di Akreditasi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Bimtek Kepala sekolah se-Kota Kupang

Bimtek Kepala sekolah se-Kota Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 24 sekolah siap melakukan akreditasi guna meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa yang akan dilakukan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Kupang melalui Badan Akreditasi (BAP) Sekolah dan Madrasah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari 130 SD dan 56 SMP di Kota Kupang hanya 24 sekolah, terdiri dari 11 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs dan 13 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah yang melakukan akreditasi sekolah,” kata Kepala Unit Pelaksana Akreditasi Dispendik Kota Kupang, Johni Eduard Rihi, Rabu, 1 November 2017.

Menurut dia, dengan diberlakukannya kriteria dan perangkat akreditasi yang baru pada jenjang pendidikan SD dan SMP guna meningkatkan mutu, kualitas serta kredibel sekolah itu sendiri. “Dengan sistem akreditasi, sekolah sekolah di tuntut untuk meningkatkan mutu, kualitas dan kredibel dari program pendidikan sekolah,” katanya.

Baca Juga :  Polemik K2, Kepsek Diarahkan Mantan Wawali Kupang

Akreditasi merupakan proses penilaian secara komperhensif terhadap kelayakan sekolah atau program pendidikan di setiap jenjang dan jenis pendidikan yang didasarkan pada 8 standar diantaranya standar kompetensi lulusan, sarana, prasarana, pembiayaan pendidikan, penilaian pendidikan dan standar tenaga pendidik sesuai dengan Peraturan Pemerintah (Permen) 59 tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional.

Ketua BAP NTT, Simon Riwu Kaho mengataka delapan standar tersebut, berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan yang terarah, pelaksanaan yang berkelanjutan dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu, mencerdaskan dan membentuk watak peradaban yang bermartabat, sesuai tuntutan perubahan kehidupan.

“Pembinaan dan pengembangan sekolah mutlak harus melalui akreditasi. Akreditasi bukan persoalan admisnistrasi sekolah, namun membangun profil sekolah yang bermutu,” katanya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]