Home / Polkam / Hanya 2,9 Juta Pemilih Ikut Pilkada Gubernur NTT

Hanya 2,9 Juta Pemilih Ikut Pilkada Gubernur NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Djidon de Haan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dari total 3,1 juta penduduk di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensi Pemilu (DP4) yang diserahkan pemerintah, hanya 2,9 juta lebih penduduk yang terdaftar sebagai pemilih pada pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur NTT periode 2013-2018.

2,9 juta pemilih ini ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gubernur NTT. “Kami sudah tetapkan DPT sebanyak 2.997.628 pemilih yang berhak mengikuti Pilkada 18 Maret 2013,” kata Juru Bicara KPU NTT Djidon de Haan usai menggelar rapat pleno penetapan DPT, Sabtu, 26 Januari 2013 petang.

Sesuai rincian, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 1.455.093 dan Perempuan 1.542.535 pemilih. Pemilih tersebut tersebar di 8.360 tempat pemungutan suara (TPS) di NTT. Jumlah DPT tersebut selanjutnya akan menjadi dasar pengadaan logistik berupa surat suara dan penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga :  Kasus Bansos Rp47 Miliar mengendap di KPK

Walaupun sudah menetapkan DPT, tapi KPU NTT masih membuka kesempatan bagi pemilih yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, namun belum terdaftar dalam DPT hingga H min 7 pemungutan suara. “Kami masih membuka peluang bagi pemilih yang belum terdaftar untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Pemilih tambahan itu, katanya, bisa melaporkan diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), sehingga diakomodir sebagai pemilih pada hari H pencoblosan. “”Pemilih tambahan akan di undang untuk mencoblos pada hari H,” katanya. (Lan)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]