Home / Hukrim / Hanya Dua Bulan, 65 Warga Tewas di Jalan

Hanya Dua Bulan, 65 Warga Tewas di Jalan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Lakalantas

Lakalantas

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 65 orang di Nusa Tenggara Timur (NTT) selama bulan Januari- Februari 2014 tewas akibat kecelakaan lalulintas di jalan raya. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaraan masyarakat menggunakan pelindung kepala (Helm). “Hanya dua bulan saja, 65 orang tewas dijalanan,” kata Kapolda NTT Brigadir Jenderal I Ketut Untung Yoga Ana, Jumat, 4 April 2014.

Selama 2014, menurut dia, sudah terjadi sedikitnya 156 kecelakaan yang menyebabkan 25 orang mengalami luka berat yang terancam mengalami cacat, dan 153 orang mengalami luka serta 65 orang meninggal. “Kerugian akibat lakalantas itu mencapai Rp 339 juta,” katanya.

Kecelakaan ini, lanjutnya, terbanyak karena kecelakaan tunggal yang disebabkan pengendara mengantuk atau mabuk minuman keras. Padahal, katanya, infrastruktur jalan di daerah ini sudah semakin baik. Dia mengaku tingginya angka kecelakaan di NTT ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat menggunakan helm saat mengenderai kendaraan. “Biasanya masyarakat menggunakan helm karena takut ditilang polisi. Padahal tidak ada toko yang menjual onderdil kepala, jika terjadi kecelakaan,” katanya.

Baca Juga :  Jaksa Rampungkan Berkas Dugaan Korupsi Bupati Rote

Karena itu, dia mengingatkan masyarakat untuk sadar dan mengikuti semua aturan lalulintas sehingga nyawanya tidak melayang saat kecelakaan. “Jangan gunakan helm proyek, karena tidak layak,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]