Home / Polkam / Hari Ini, 30 TPS di Kupang Hitung Suara Ulang

Hari Ini, 30 TPS di Kupang Hitung Suara Ulang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

coblosNTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 30 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 28 April 2014 melakukan perhitungan ulang suara pemilu legislatif (pileg) 9 April 2014 lalu, karena masalah formulir C1 yang telah terisi.

“Perhitungan ulang ini berdasarkan rekomendasi dari Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) setempat,” kata juru bicara KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe, Senin, 28 April 2014.

Perhitungan ulang ini dilakukan di 30 TPS di kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, karena masalah formulir C1 yang telah terisi tanpa sepengetahuan saksi.

Padahal, menurut dia, pada pemilu legislatif 9 April lalu, 30 TPS di Lasiana tidak kebagian formulir C1 untuk DPRD Kota Kupang. Kendati begitu perhitungan suara tetap dilakukan. “Para saksi parpol hanya menandatangai formulir C1 Plano,” katanya.

Baca Juga :  Anggota KPU SBD Terancam Dipecat

Namun, saat pleno rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), formulir C1 di 30 TPS telah terisi. Para saksi kemudian menolak menerima hasil rekapitulasi suara 30 TPS tersebut. Formulir C1 yang sudah terisi tersebut memperkuat dugaan oknum petugas mengisi dan menandatangani sendiri formulir C1.

Dia mengatakan penghitungan suara ulang untuk memastikan perolehan suara yang diperdebatkan, sehingga proses rekapitulasi suara segera rampung. “Hanya untuk pastikan jumlah suara yang dipersoalkan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]