Home / Polkam / Hari Ini Sidang Perdana Pemilukada Nagekeo di MK

Hari Ini Sidang Perdana Pemilukada Nagekeo di MK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sidang perdana gugatan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Nagekeo, Don Bosco Do- Gaspar Batu Bata (Doa) di Mahkama Konstitusi (MK) sesuai jadwal akan digelar hari ini, Senin, 22 Juli 2013. “Kami sudah siap menghadapi gugatan itu,” kata Ketua KPU Nagekeo, Yohanes Ardus Seda sampaikan ini kepada wartawan di Kupang.

Gugatan sengketa pemilu bupati dan wakil bupati Nagekeo 2013 sebenarnya hanya diajukan pasangan Doa. Namun ketika didaftar di MK, juga disertakan dua pasangan lainnya Marselinus Ado Wawo- Marcelina Lowa (Mama) dan pasangan Bulan Lukas- Maria Angela Wea (Lukas- Angel).

Dua pasangan ini oleh KPU Nagekeo dinyatakan gugur sebagai peserta pemilu bupati dan wakil bupati Nagekeo 2013, karena tidak memenuhi syarat pencalonan. Kedua pasangan ini pun telah mengajukan gugatan ke Dewan Kehormatan Pemilu (DKP) dan telah disidangkan. Hanya menunggu keputusan atas pengaduan tersebut.

Baca Juga :  Gubernur NTT Klaim Angka Kemiskinan Menurun

“Entah satu atau tiga pasangan yang mengajukan gugatan ke MK, prinsipnya KPU sebagai penyelenggara siap bertanggungjawab atas semua tahapan pemilu kada, termasuk materi gugatan yang diajukan pasangan Doa,” katanya.

Pasangan Doa mengajukan gugatan ke MK terkait dugaan
pengurangan suara pasangan itu di TPS 2 Desa Aewoe, Kecamatan Mauponggo dari 144 menjadi 114 suara. Terhadap materi gugatan itu, KPU tetap pada pendirian dimana pasangan Doa hanya meraih 114 suara pada TPS itu. “Kami tidak pernah mengurangi perolehan suara pasangan calon tertentu dan menaikkan perolehan suara pasangan lain,” katanya.

KPU, katanya, juga telah menyiapkan dua pengacara menghadapi gugatan tiga pasangan calon itu ke MK, yakni Mel Ndaumanu dan Yanto Ekon. “Kuasa hukum ini juga yang kami ditunjuk sebagai kuasa hukum saat sidang di PTUN Kupang,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]