Home / Sosbud / Hati-Hati… Ada 46 Titik Rawan Longsor di NTT

Hati-Hati… Ada 46 Titik Rawan Longsor di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Berdasarkan identifikasi Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT), terdapat 46 titik ruas jalan yang rawan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tiga kabupaten yang rawan banjir.

“Kami sudah identifikasi, terdapat 46 titik yang rawan longsor,” kata Kepala Dinas PU NTT Andre Koreh kepada wartawan, Rabu, 16 Januari 2013.

Ruas jalan yang rawan longsor dan butuh perhatian serius yakni di ruas jalan Ende-Maumere, Kupang–Soe-Kefamenanu. Ruas jalan Ende–Maumere, telah teridentifikasi sekitar 36 titik rawan longsor. Sedangkan di ruas jalan Kupang–Soe dan Soe–Kefamenanu teridentifikasi 10 titik rawan longsor.

Untuk mengantispasi putusanya ruas jalan akibat longsoran itu, menurut dia, pihaknya telah menyiagakan sejumlah alat berat di titik-titik yang dianggap rawan lonsgor, sehingga jika terjadi longsor bisa segera ditangani. “Alat berat sudah disiagakan di titik yang rawan longsor,” katanya.

Baca Juga :  Frenly Unggul Sementara di Pilkada NTT

Dia mengatakan, pihaknya juga telah membuka posko pemantauan bencana di ibu kota provinsi dan semua ibu kota kabupaten/.kota untuk memantau kondisi wilayah, menyusul masih tingginya curah hujan yang terjadi di daerah ini, yang diperkirakan berlangsung hingga akhir Maret 2013. “Kami akan utamakan penanganan pada ruas jalan utama, sehingga tidak mengganggu arus lalulintas antardaerah,” katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya baru menerima laporan tentang abrasi pantai di Kabupaten Rote Ndao, sedangkan bencana banjir di Kabupaten Belu, Kupang dan Timor Tengah Selatan. “Khusus banjir Belu, kami telah mengirimkan tim untuk tangani,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]