Herman Man Janji Dana Usaha Bagi Penderita HIV/AIDS

0
1423

NTTTERKINI.COM, Kupang – Penderita HIV-AIDS atau Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera mendapat akses bantuan dana yang dikhususkan bagi peningkatan usaha
ekonomi.

“Kami akan memberi bantuan dana bagi mereka sesuai dengan jenis usahanya, sehingga tidak ada diskriminasi,” kata Wakil  Wali Kota Kupang, Herman Man, saat memperingati puncak Hari AIDS Sedunia, Sabtu, 07 Desember 2019.

Menurut dia, selama ini alokasi anggaran bagi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) guna menanggulangi kasus HIV-AIDS di Kota Kupang hanya sebesar Rp1 milliar dan terfokus pada aspek kesehatan yakni kegiatan menemukan kasus, menanggani hingga terapi pengobatan sementara bantuan pemberdayaan dari aspek ekonomi khusus bagi ODHA belum dapat
terealisasi.

“Anggaran kami memang terbatas, namun target akan dinaikkan lagi untuk menyentuh ODHA dari aspek ekonomi. Ini jadi beban pemerintah dan DPRD bagaimana berinovasi,” tambah Herman.

Sekretaris KPA Kota Kupang, Marselinus Bay mengatakan data jumlah kasus penderita HIV-AIDS capai 1.520 orang, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 911 orang dan perempuan sebanyak 609 orang.

Hal tersebut menunjukkan tingkat kasus yang terus bertambah sehingga butuh perhatian serius terkait pencegahan dan penanganan kasus tersebut.

“KPA juga merupakan bagian dari pemerintah Kota Kupang, sehingga persoalan HIV-AIDS tetap menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama bagaimana menanggulangi persoalan tersebut,” kata Marselinus.

KPA Kota Kupang menggandeng kelompok Warga Peduli AIDS (WPA) di 51 kelurahan, 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), rumah sakit, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  serta berbagai pihak pemerhati sebagai upaya menyampaikan sosialisasi dan penanganan sehingga tidak ada lagi temuan kasus HIV-AIDS yang baru. (Lid)

Komentar ANDA?