Home / Polkam / Ibukota Negara Dipindahkan?

Ibukota Negara Dipindahkan?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Jakarta – Pemindahan ibukota negara Republik Indonesia disuarakan beberapa anggota panitia khusus (pansus) RUU Ibukota Negara. Alasannya, perlu dipikirkan untuk mengurangi beban Jakarta yang tidak hanya sebagai ibukota negara.

Abdilah Toha, anggota pansus dari fraksi PAN, mengaku saat ini mungkin belum waktunya dilakukan pemindahan. Namun dalam jangka panjang perlu dilakukan pemindahan tersebut mengingat banyaknya fungsi yang diemban Jakarta. “Bagaimana kalau dipindahkan fungsi pemerintahannya,” kata Abdilah saat rapat dengar pendapat dengan Menteri Perhubungan Pekerjaan Umum, Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kepala Bappenas di Jakarta, Kamis (9/3).

Usulan ini didukung Effendy Choiri dari fraksi PKB. Menurut Effendy, gagasan itu tidak cuma datang dari anggota parlemen. Dalam beberapa kesempatan sejumlah Gubernur mengungkapkan keinginannya agar fungsi ibukota dipindahkan dari Jakarta. “Ada banyak alasan yang dikemukakan, seperti pemerataan pembangunan dan ekonomi,” kata Effendy.

Baca Juga :  Empat Bakal Pasang Calon Wali Kota Jalani Tes Kesehatan

Saat ini, kata Effendy, banyak fungsi yang diemban Jakarta. Selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta juga berperan sebagai pusat perdagangan, keuangan, dan industri. Jika langkah pemindahan ini tidak segera dipikirkan, kondisi Jakarta akan semakin tidak teratur. Oleh karena itu pemerintah seharusnya tidak hanya memikirkan tata ruang dan perbaikan sarana lainnya untuk menyelesaikan masalah Jakarta. Dengan banyaknya fungsi tadi membuat semakin meningkat urbanisasi. “Tata ruang dan transportasi akan tetap semrawut jika gula-gulanya ada disini,” katanya.

Menanggapi hal ini Kepala Bappenas Paskah Suzeta menilai pemikiran pemindahan lokasi sah-sah saja. “Tapi sebaiknya pemikiran ini tidak diteruskan,” kata Paskah. Yang penting, ujarnya, meningkatkan koordinasi tata ruang Jakarta dengan daerah sekitarnya.

Baca Juga :  Survey: Menelan Sperma Baik untuk Kesehatan Wanita

Effendy menyayangkan atas sikap Paskah. Sebagai seorang pemimpin seharusnya mempunyai visi kedepan terhadap perkembangan bangsa. Dan pemindahan ibukota seharusnya sudah menjadi salah satu studi yang dilakukan Bappenas.

Menanggapi hal itu Paskah berjanji akan melakukan studi yang komprehensif untuk melihat kemungkinan pemindahan ibukota. Bappenas juga akan melakukan kajian menyangkut besarnya biaya jika hal ini dilaksanakan. “Jadi saya tidak melarang berfantasi dilakukannya pemindahan ibukota ini,” kata Paskah. Sementara Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengaku mungkin saja dilakukan pemindahan. Namun hal itu perlu dibahas secara cermat dan hati-hati. “Saya kira perlu hitung-hitungan ekonomi dan sektor lain,” kata Djoko. (Teco)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]