Home / Sosbud / Ile Lewotolok Waspada, Warga Lembata Mengungsi

Ile Lewotolok Waspada, Warga Lembata Mengungsi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Warga Ile Ape yang mengungsi akibat gempa  Ile Lewotolok

Warga Ile Ape yang mengungsi akibat gempa Ile Lewotolok

NTTTERKINI.COM, Kupang – Status Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik ke level II atau waspada. Akibatnya sebagain warga di lereng gunung tersebut mulai diubgsikan.
“Benar, statusnya naik ke level II,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana NTT, Tini Thadeus, Selasa, 10 Oktober 2017.

Naiknya status gunung api tersebut, menurut dia, menyebabkan kegempaaan yang cukup intens dibawah 5 Skala Richter (SR). “Kegempaan sering terjadi, namun belum terlalu mengancam,” katanya.

Terkait dengan warga yang mengungsi, dia mengaku belum mendapatkan laporan dari BPBD setempat terkait pengungsi. “Kami masih menunggu laporan resmi dari BPBD Lembata,” ujarnya.

Baca Juga :  AJI Kupang dan PJCK Bentuk Pusat Data KBB

Sandro, warga Ile Ape, Lembata menyebutkan gempa tektonik yang cukup kuat menyebabkan sejumlah warga sudah mengungsi ke kantor camat Ile Ape, terutama desa-desa yang secara topografi kemiringannya ekstrim, seperti Waimatan, Lamagute, Napasabok, Mawa dan Bungamuda.

Gempa beruntun yang mengguncang wilayah Lembata dan sekitarnya mengakibatkan puncak ile ape atau ile lewotolok longsor. Saat gempa yang terjadi sekira pukul 01.34 yang berkekuatan 4,3 SR terdengar bunyi longsoran batu dari puncak.  Begitu juga saat terjadi gempa susulan kedua yang berkekuatan 4,6 SR pada pukul 02.55 Wita, bunyi reruntuhan batu akibat longsoran dari puncak kembali terdengar oleh warga delapan desa di bawah kaki gunung.

Pukul 06.43 terjadi lagi gempa susulan berikutnya berkekuatan 4,9 SR. Warga berhamburan keluar dan terdengar longsoran semakin keras. Gempa susulan kembali terjadi pada pukul 9.00 Wita. “BPBD hanya menghimbau warga agar tidak panik, dan tetap waspada,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]