Home / Ekbis / Jelang Ramadhan, BI NTT Siapkan RP 1,7 Triliun

Jelang Ramadhan, BI NTT Siapkan RP 1,7 Triliun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Naek Tigor Sinaga

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bank Indonesia (BI) perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT), menyediakan dana sebesar Rp1,7 triliun guna mengantisipasi peredaran uang yang lebih cepat dan banyak memasuki bulan puasa dan menjelang Ramdhan.

“BI menyiapkan sekitar 10 persen kenaikan pengedaran uang dari tahun lalu. Kami sudah siap secara jumlah, dan kami memperkirakan kebutuhan uang akan cukup untuk NTT,” kata Gubernur BI perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga, Jumat, 11 Mei 2018.

Berdasarkan data 2017, BI NTT menyediakan Rp 1,5 triliun persediaan peredaran uang jelang Ramadhan, dan 2018 persediaan peredaran uang naik sebanyak 10persen yakni sebesar Rp. 1,7 triliun, dan telah di distribusikan ke delapan kas titipan BI yakni kas titipan Atambua, Waingapu, Waikabubak, Ruteng, Maumere, Kalabahi, Lembata dan Ende.

Baca Juga :  Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Ramadhan

“Untuk siklus menjelang Ramadhan, tidak sama seperti fenomena di luar NTT, namun bersamaan dengan adanya libur panjang, kebutuhan akan uang cukup banyak, sehingga kami siapkan dana tersebut dan sudah di distribusikan ke kas titipan BI,” tambah Naek.

Selain penambahan dana, BI juga tetap mewaspadai peredaran uang palsu jelang hari raya keagamaan dengan bekerjasama melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk memberikan hukuman yang maksimal bagi pelaku pemalsu uang yang termasuk dalam sindikat sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2002. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]