Home / Ekbis / Jokowi: Jika “Sekolahkan” Sertifikat Harus Untuk Usaha

Jokowi: Jika “Sekolahkan” Sertifikat Harus Untuk Usaha

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Presiden Jokowi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membagikan 2.706 sertifikat gratis bagi warga Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Kota Kupang.

“Sertifikat ini sebagai bukti kepemilikan atas tanah bapak/ibu sekalian,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara tersebut di Kantor Bupati Kupang, Rabu, 21 Agustus 2019.

Jokowi mengaku selalu mendapat keluhan terkait sengketa tanah atau lahan dengan tetangga, pengusaha dan pemerintah. Masalahnya karena tidak adanya sertifikat. “Dengan adanya sertifikat ini, maka tidak ada sengketa lahan lagi,” tegasnya.

Biasanya, lanjut Jokowi, kalau sudah pegang sertifikat pasti ingin disekolahkan atau digadaikan. Karena Jokowi menyarankan agar sertifikat yang akan digadaikan di Bank untuk kepentingan produktif, seperti usaha.

Baca Juga :  AJI Kupang Gelar Kampanye Grow

“Jangan gadai sertifikat Rp30 juta lalu beli motor untuk gaya. Setelah enam bulan tidak bisa bayar angsuran, jelas sertifikat hilang dan motor juga hilang,” katanya.

Jokowi juga mengingatkan agar sertifkat yang ada di copy lagi, sehīingga jika hilang masih ada copyanya, dan bisa diurus kembali ke pertanahan. “Pulang sertifikat diberi plastik, dan di copy ya,” kata Jokowi.

Mariana Mbatu, salah seorang penerima sertifikat gratis mengaku akan menggaidakan sertifikatnya untuk usaha garam dan sebagian untuk anak sekolah. “Mau di pakai untukk sekolahkan anak. Sebagian usaha garam,” katanya. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]