Home / Sosbud / Jonas: Buruknya Drainase Sebabkan Banjir

Jonas: Buruknya Drainase Sebabkan Banjir

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Banjir di sejumlah ruas jalan di Kota Kupang

NTTTERKINI.com, Kupang – Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengatakan persoalan utama terjadi banjir di sejumlah wilayah di Kota Kupang adalah drainase yang sudah tidak layak. Karena tidak mampu menyalurkan air, ditambah lagi dengan sumbatan sampah pada drainase yang ada.

“Pokok masalah terendamnya pemukiman warga ini, karena drainase yang kecil dan juga banyak tumpukan sampah yang dibuang warga,” kata Jonas kepada wartawan, Selasa, 15 Januari 2013.

Karena itu, dia meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah dalam selokan untuk menghindari terjadinya banjir yang merendam rumah warga, dan badan jalan. Tidak hanya itu, dia juga meminta kepada dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera memperbaiki drainase yang dianggapnya tidak layak lagi, karena ukurannya yang terlalu kecil tidak mampu mengaliri air. “Saya juga minta warga agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di selokan, sehingga masalah banjir tidak terulang,” katanya.

Baca Juga :  Muscablub Hanura Kota Kupang Syarat Intervensi

Drainase yang ada, menurut dia, perlu diperlebar, karena ukurannya terlalu kecil, ditambah lagi dengan pemukiman yang semakin padat, tidak mampu lagi mengaliri arus air. “Masalah ini akan menjadi tanggungjawab kami,” katanya.

Tahun ini, kata Jonas, Pemerintah Kota Kupang akan melakukan perbaikan drainase pada daerah-daerah yang rawan banjir, Oesapa, Cak Doko, dan Kuanino, sehingga masalah banjir tidak terjadi setiap tahunnya.  (Lan)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]