Home / Ekbis / JR Wacanakan Bayar Klaim Korban Kendaraan Timor Leste

JR Wacanakan Bayar Klaim Korban Kendaraan Timor Leste

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Markus Horo

NTTTERKINI.COM, Kupang – Banyaknya kendaraan asal Timor Leste yang masuk ke Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat PT Jasa Raharja cabang NTT mewacanakan untuk membayar klaim atau santunan bagi korban kecelakaan kendaraan asal Timor Leste.

“Kami sedang wacanakan untuk membayar klaim bagi korban kecelakaan kendaraan asal Timor Leste,” kata Kepala PT Jasa Raharja cabang NTT, Markus Horo, Minggu, 20 Januari 2013.

Sesuai UU No 34 tahun 1964 tentang pembayaran klaim korban kecelakaan, menurut dia, korban kecelakaan kendaraan luar negeri tidak dijamin oleh Jasa Raharja. “Selama ini, korban kecelakaan Timor Leste tidak bisa klaim, karena tidak ada dasar aturannya,” kata Markus.

Baca Juga :  Kapal Turki Atasi Krisis Listrik di Pulau Timor

Karena itu, pihaknya sedang mencari formulasi yang tepat agar korban kecelakaan kendaraan asal Timor Leste di bayar oleh Jasa Raharja. Hal itu diwacanakan Jasa Raharja, karena kendaraan Timor Leste yang beroperasi di NTT sudah cukup banyak.

Formulasi yang akan dilakukan, katanya, yakni setiap kendaraan yang masuk ke NTT, Indonesia melalui pintu masuk di Mota’ain, Belu harus di pungut retribusi sesuai aturan yang berlaku. “Kami sedang melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan dinas pendapatan daerah (Dispenda) untuk mewujudkan pembayaran klaim itu,” katanya.

Dana retribusi kendaraan Timor Leste itu, tambahnya, yang akan digunakan untuk membayar klaim korban kecelakaan asal NTT, jika tertabrak kendaraan asal bekas provinsi ke-27 itu. “Dengan demikian, dana retribusi itu bisa di pakai untuk membayar klaim korban kecelakaan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]