Home / Kesehatan / Kabupaten Kupang Sweeping Ibu Hamil

Kabupaten Kupang Sweeping Ibu Hamil

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi Ibu Hamil

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan sweeping terhadap ibu-ibu hamil di di daerah, guna menekan angka kematian ibu melahirkan di daerah itu.

“Sweeping ini dilakukan bagi ibu-ibu hamil yang enggan memeriksakan kehamilannya ke puskesmas,” kata Camat Taebenu, Kabupaten Kupang, Joppy Nau, Kamis, 21 Februari 2013.

Aksi sweeping ini, menurut dia, dilakukan, karena banyak ibu hamil di daerah enggan memeriksakan kehamilan ke pusat layanan kesehatan, seperti puskesmas dan puskemas pembantu (Pustu). “Ibu hamil selalu berasalan sibuk, sehingga enggan memeriksakan kehammilannya,” katanya.

Aksi sweeping ini, katanya, petugas kesehatan akan mendatangi rumah ibu hamil yang enggan memeriksakan kehamilannya setelah mendapat laporan dari petugas di Klinik bersalin yang ada ditempat tersebut. “Kami berharap dengan sweeping ini bisa menekan kematian ibu melahirkan hingga nol persen,” katanya.

Baca Juga :  Banjir, Warga Kupang Gagal Panen

Program ini dianggap cukup berhasil sehingga tahun 2012 lalu, pihaknya bisa menekan angka kematian ibu melahirkan. “Tahun 2012, tidak ada kasus kematian ibu melahirkan disini,” katanya.

Walaupun diakuinya, Puskesmas yang ada di wilayah itu belum dapat menampung pasien rawat inap karena kekurangan fasilitas dan tenaga medis yang ada masih terbatas. “Namun, animo masyarakat untuk datang ke Puskesmas cukup tinggi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]