Home / Polkam / Kabupaten Malaka Diresmikan 22 April 2013

Kabupaten Malaka Diresmikan 22 April 2013

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Bupati Belu, Joakim Lopez

Bupati Belu, Joakim Lopez

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bupati Belu, Joakim Lopez mengatakan kabupaten Malaka, daerah otonomi baru (DOB) di wilayah kabupaten Belu akan diresmikan pada 22 April 2013 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Jakarta.

“Kabupaten Malaka akan diresmikan di Jakarta, Senin, 22 April 2013,” kata Bupati Belu Joakim Lopez ketika dihubungi wartawan, Sabtu, 20 April 2013.

Awalnya, menurut dia, peresmian Kabupaten Malaka direncanakan pada 18 April, namun Kementerian Dalam Negeri menjadwal ulang menjadi Senin, 22 April 2013, karena harus menyesuaikan waktu Mendagri.

Penetapan Malaka sebagai daerah otonomi baru, Jumat 14 Desember 2012 lalu, dalam rapat paripurna DPR, merupakan langkah maju pemerintah pusat dalam upaya menyejahterakan masyarakatnya, khususnya wilayah selatan Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. “Karena itu, sebagai pemerintah daerah, kami patut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pemekaran daerah tersebut,” katanya.

Baca Juga :  Frans: Medah- Adinda Masih Sebatas Wacana

Belu sebagai kabupaten induk, katanya, serius memenuhi semua kewajibannya sebagai sebuah langkah pemenuhan administratif dengan menghibahkan sejumlah anggaran untuk pemekaran tersebut. “Tahap pertama sudah dialokasikan Rp 3 miliar dan akan terus dialokasikan hingga kabupaten Malaka sudah bisa menganggarkan dananya sendiri,” tambahnya.

DOB Malaka merupakan kabupaten ke- 22 di NTT yang berbatasan langsung dengan Distrik Bobonaro dan Distrik Covalima, Timor Leste. (Avi)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]