Kasus HIV dan AIDS di Kota Kupang Terbanyak Laki-Laki

NTTTERKINI.com, Kupang – Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kota Kupang di tahun 2013 lebih gencar lakukan sosialisasi masalah HIV dan Aids bagi kaum laki-laki, karena sesuai data tahun 2012, jumlah penderita HIV dan Aids terbanyak adalah kaum pria.

“Tahun ini, kami fokus sosialisasi HIV dan Aids bagi kaum pria, karena kasusnya cukup banyak,” kata sekretaris KPAD Kota Kupang, Bastian Benufinit kepada wartawan, Selasa, 15 Januari 2013.

Sesuai data KPAD Kota Kupang, jumlah kasus HIV dan Aids tahun 2012 sebanyak 390 kasus, dari jumlah itu terdapat 247 kasus HIV dan Aids yang terjadi pada laki-laki,sedangkan kaum perempuan hanya 143 kasus.

Dia mengatakan, pihaknya ingin membuat perubahan agar kaum laki-laki bertanggungjawab dalam kasus HIV dan Aids agar laki—laki juga bisa peduli terhadap masalah HIV dan Aids. “Kota Kupang sudah berada pada urutan kedua HIV dan Aids setelah Belu,” katanya.

Laki-laki yang mengidap HIV dan Aids, katanya, terjadi pada usia produktif antara 16 tahun sampai 45 tahun. Pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sejumlah laki-laki mulai dari ditingkat Kelurahan, gereja ojek, dan kelompok resiko tinggi.

“Kami telah memilki forum laki-laki peduli HIV dan Aids yang sudah mulai berjalan untuk melakukan sosialisasi bagi sesama laki-laki guna menekan masalah kasus HIV dan Aids,” katanya.

Karena itu, dia berharap kaum laki-laki yang belum menikah untuk bisa menjaga dan mewaspadai akan masalah HIV dan Aids, sehingga dalam usia yang masih produktif bisa menjadi laki-laki bebas dari masalah ini. (Lan)

Komentar ANDA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>