Home / Hukrim / Kejati NTT Luncurkan Aplikasi Pelayanan Hukum Gratis

Kejati NTT Luncurkan Aplikasi Pelayanan Hukum Gratis

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Robert Lambila

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) meluncurkan aplikasi Lanaku (Layanan Hukum) bagi pemerintah dan masyarakat bisa meminta pelayanan hukum atau pengacara negara.

“Kami melauncihing aplikasi layanan hukum atau aplikasi Lanaku. Pemerintah dan masyarakat bisa gunakan jasa pengacara negara lewat aplikasi ini. Jika instansi pemerintah atau masyarakat yang ingin menggunakan jasa hukum, maka bisa melalui aplikasi itu,” kata Koordinator bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejati NTT, Robert Lambila dalam acara Coffee Morning bersama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Kamis 15 Agustus 2019.

Menurut dia, Bidang datun telah ada sejak dahulu kala namun sejauh ini banyak BUMD di NTT dan Pemerintah yang belum mengenal bidang datum. Untuk itu, pihaknya menggelar Coffee morning bersama dengan Pemprov NTT dan BUMD untuk dijelaskan fungsi dan peran bidang Datun.

Baca Juga :  KPK Belum Tindaklanjut Kasus Bupati Sabu

Menurut Lambila, bidang Datun merupakan instrument jaksa dalam membantu pemerintah dalam penyelesaian masalah perdata. “Datun merupakan patnernya pemerintah dan BUMD, sehingga kami perlu memberikan penyuluhan agar diketahui tugas dan fungsi Datun,” kata Lambila.

Ditambahkan Lambila, dalam memecahkan masalah perdata pada pemerintah berdasarkan norma- norma ataupun undang–undang yang berlaku. Bidang datun memiliki beberapa kewenangan seperti memblack list Perusahan terbatas (PT) yang dinilai nakal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Selain itu, jaksa pada bidang datun bisa menjadi pengacara Negara, dimana dapat mewakili pemerintah dalam menghadapi gugatan secara perdata. Bahkan jaksa juga bisa menjadi mediator dalam penyelesaian perkara.

Dia berharap dengan adanya penyuluhan hukum bidang Datun Kejati NTT pada Pemprov dan BUMD dapat memberikan pencerahan serta dapat dipahami tentang peran dan fungsi jaksa Datun.

Baca Juga :  Brigade Meo Polisikan Ustad Abdul Somad

“Kami berikan penyuluhan gratis dan pendampingan secara gratis bagi BUMD, pemerintah dan warga yang mau berkonsultasi tentang hukum bidang perdata. Silahkan saja,“ katanya.

Kegiatan Coffee morning bersama pemerintah provinsi NTT dan BUMD dibuka Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTT, Pathor Rahman dihadiri pimpinan OPD dan pimpinan BUMD di NTT. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]