Home / Sosbud / Kekerasan Seksual Paling Menonjol di NTT

Kekerasan Seksual Paling Menonjol di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Liby Sinlaeloe

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kekerasan berbasis gender selama tiga tahun terakhir di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) paling menonjol adalah kekerasan seksual dan dalam rumah tangga (KDRT).

“Kekerasan seksual dan KDRT paling menonjol di daerah ini, selama tiga tahun terakhir ini,” kata Direktur umum Rumah Perempuan Kupang, Libby Sinlaeloe, Selasa, 12 Februari 2013.

Berdasarkan data kekerasan seksual dan KDRT rumah perempuan menyebutkan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi sejak tahun 2010 mencapai 167 kasus. Kasus itu meningkat di tahun 2011 menjadi 180 kasus dan tahun 2012 sebanyak 249 kasus.

Menurut dia, kekerasan berbasis gender ini melahirkan diskriminasi yang pada akhirnya menyebabkan perempuan dan anak terhambat untuk memperoleh hak-haknya sebagai warga negara. “Inilah salah satu bentuk diskriminasi terhadap perempuan,” katanya.

Baca Juga :  Surat Suara Pilgub NTT Didistribusikan

Kekerasan berbasis gender yang terjadi disebabkan timpangnya relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan. Karena itu, butuh perhatian semua pihak agar terlibat aktif dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap gender ini. “Butuh pehamanan yang sama, sehingga kasus kekerasan ini bisa ditekan,” katanya. (Lan)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]