Home / Hukrim / Kesbangpol: Pelajar, Pelaku Gangguan Keamanan

Kesbangpol: Pelajar, Pelaku Gangguan Keamanan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Plt Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa (kanan)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengatakan gangguan keamanan dan tindak kejahatan kerap dilakukan oleh para pelajar, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

“Ini menjadi perhatian serius pemerintah Kota Kupang mencermati perkembangan, gangguan keamanan dan tindak kejahatan di Kota Kupang yang didominasi pelajar,” kata Plt Kaban Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa saat membuka bimtek teknik pencegahan kejahatan bagi guru dan siswa, Senin, 1 Oktober 2018.

Menurut dia, perkembangan gangguan keamanan dan tindak kejahatan diakibatkan beberapa hal diantaranya perkembangan teknologi yang mudah diakses oleh kalangan pelajar, sehingga mempengaruhi sikap perilaku yang rentan secara emosional.

Baca Juga :  Buron Kasus Proyek Rumah Nelayan NTT Ditangkap di Jakarta

Kurangnya pendidikan agama sejak dini,
kurangnya wawasan dan kesadaraan kebangsaan, sehingga rentan terpengaruh penyebaran radikalisme, terorisme, pemakaian narkoba serta penyakit masyarakat lainnya seperti minuman keras, pelacuran, seks bebas dan perjudian.

“Pemerintah, lembaga pendikan dan semua elemen masyarakat perlubmeningkatkan peran untuk mengatur, mengantisipasi dan bertindak menghadapi gejolak sosial maupun tindak kejahatan yang sering terjadi
di area sekolah,” tambah Noce.

Terjalinnya koordinasi dan kerjasama yang maksimal antara pemerintah, lembaga pendidikan dan aparat kepolisian menjadi dasar untuk saling mendukung dalam pencegahan dan penanganan tindak kejahatan maupun pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]