Kodim 1604 Bina Kelompok Sadar Wisata Kelola Potensi Daerah

0
310

Sosialisasi sadar wisata di Semau

NTTTERKINI.COM, Semau – Sebanyak 172 kepala keluarga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) “Amorat” di Desa Naekean, Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diberi pembekalan dan sosialisasi oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1604 Kupang guna menggandeng pengelolaan perjalanan wisata di daerah sebagai destinasi wisata yang menunjang ekonomi warga.

“Ini menjadi kewajiban dan integritas kami ikut memajukan pariwisata di daerah ini,” kata Dandim 1604 Kupang, I Made Kusuma Dhyana Graha, Sabtu, 14 Maret 2020.

Menurut dia, merintis dan majukan potensi pariwisata berdasarkan kearifan lokal menjadi mimpi besar yang perlu diwujudkan bersama semua elemen termasuk warga setempat agar dapat mendorong percepatan pariwisata di desa serta melakukan perubahan dan perilaku sebagai bagian dari bentuk keramahan daerah wisata.
Kepala Desa Naekean Semau Selatan, Sefanya Patola mengatakan pemerintah ikut mendorong dan mendukung berbagai kerjasama yang mendatangkan perubahan pola pikir, dan meningkatkan kemampuan agar warga yang berada di desa tersebut dapat mengatasi keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengelola sumber potensial daerah secara mandiri sehingga dapat meningkatkan ekonomi.

“Pemerintah desa mendukung sekaligus mendorong meski dengan keterbatasan SDM tapi bagaimana mampu mengelola potensi daerah yang ada,” kata Sefanya.

Upaya membangun pariwisata desa, tidak merubah kebiasaaan atau pekerjaan tetap yang biasa dilakukan masyarakat lokal, karena dapat menjadi hal baru yang dapat di jual dalam paket perjalanan wisata.
Dunia pariwisata bukan hanya menjual tempat seperti pantai dan gunung, tapi bidang lain seperti pertanian dan peternakan dapat menjadi alternatif pariwisata dengan berbagai kekhasan dan kearifan lokal yang dapat di jual dan bernilai ekonomi. (Lid)

Komentar ANDA?