Komisi IX: Jubir Gugus Tugas Corona Harus Orang Kesehatan

0
228

Foto bersama wakil ketua komisi IX dan Dinkes NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena meminta kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) agar juru bicara terkait Corona atau covid 19 adalah orang kesehatan. 

“Kenapa harus orang kesehata, sehingga mudah dipahami publik. Apalagi terkait masalah kesehatan, terutama terkait Corona ini,” tegas Melki saat menyerahkan buku panduan penanganan covid 19 ke Dinas Kesehatan NTT, Rabu, 18 Maret 2020.

Banyak istilah kesehatan yang tidak dipahami masyarakat umum, maka dibutuhkan orang kesehatan agar menjelaskan masalah itu yang lebih simple. “Kalau orang kesehatan mengerti teknis dan komunikasi publik,” ujarnya.

Dia juga berharap agar jubir bisa menggandeng seluruh wartawan di NTT untuk memberikan edukasi bagi warga terkait penyebaran virus corona atau covid 19. “Bicaralah ke media, karena mereka yang akan teruskan ke masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD NTT, Muhamad Ansor dan Kristian Widodo bahwa untuk mengantisipasi maraknya informasi hoaks terkait corona ini, maka perlu dilakukan penyaringan sebelum disebarkan atau dirilis. 

“Hoaks Corona cukup banyak, sehingga harus diantisipasi agar penyebarannya tidak meluas,” kata Ansor.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, Domi Mere mengatakan Pemerintah Provinsi NTT telah menetapkan gugus tugas penanganan corona atau Covid 19. “Saya salah satu yang ditunjuk sebagai jubir,” tegasnya. (Ado)

Komentar ANDA?