Home / Polkam / Konflik Bayangi Perhitungan Suara Pilkada NTT

Konflik Bayangi Perhitungan Suara Pilkada NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Maximus Ebu Tho

Maximus Ebu Tho

NTTTERKINI.COM, Kupang – Konflik horisontal antara pedukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mulai muncul selama perhitungan suara pemilu kepala daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Konflik yang muncul melibatkan pendukung pasangan calon gubernur yang diuntungkan dari pengumuman hasil hitung cepat dan pasangan calon gubernur yang disudutkan,” kata Maksimus Proklamasi, anggota tim pemenangan pasangan calon gubernur Esthon Foenay-Paul Tallo kepada wartawan di Kupang, Kamis, 21 Maret 2013.

Maksimus mencatat telah terjadi sedikitnya tiga hal yang berpotensi memicu konflik. Pertama, terjadi saling ejek antara pendukung pasangan calon gubernur yang disebutkan memenangi Pilkada sesuai hasil hitung cepat dan pendukung pasangan gubernur yang kalah. “Saling ejek itu terjadi di kantor KPU saat terjadi rekapitulasi suara dari KPU kabupaten dan kota.,” katanya.

Baca Juga :  Flobamora Surga Tersembunyi: Memoles Diri Sambut Wisatawan

Persoalan kedua menyangkut ada pendukung pasangan calon gubernur yang mencoba menggelar pawai kemenangan. Selain itu, ada calon gubernur yang mengeluarkan komentar seolah-olah telah memenangi Pilkada, padahal proses perhitungan suara masih berlangsung di KPU.

Bagi pasangan Esthon-Paul, menurut dia, pemunggutan suara pilkada yang berlangsung 18 Maret 2013 belum dipastikan pemenangnya sebelum KPU mengumumkan perolehan suara masing-masing calon gubernur. “Belum ada pasangan calon yang menangi pilkada NTT,” katanya. (Pal)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]