Home / Hukrim / Korupsi Buku, Bili Dipenjara 2,3 Tahun

Korupsi Buku, Bili Dipenjara 2,3 Tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Palu Hakim

Palu Hakim

NTTTERKINI.COM, Kupang – Terdakwa Hermanus Bili, ketua panitia lelang kasus dugaan korupsi pengadaan buku referensi tingkat SD, SLTP dan alat peraga untuk kelas IPA di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (PPO) Kabupaten Sumba Barat Daya divonis 2,3 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Kupang, Rabu 6 Maret 2013.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan buku di Dinas PPO Kabupaten SBD,” kata ketua majelis hakim I Nyoman Somanada saat persidangan di pengadilan Tipikor Kupang.

Dalam putusannya, majelis hakim mengatakan hal yang memberatkan terdakwa yakni terdakwa tidak mengakui perbuatannya dan menyangkal seluruh keterangan saksi saksi.

Baca Juga :  PPNS Kirim Berkas Pemblokiran Bandara Turelelo

Perbuatan terdakwa juga bertentangan dengan program pemerintah Kabupaten SBD, dalam peningkatan mutu pendidikan dan upaya pemerintah memberantas korupsi. “Hal yang meringankan, bersikap sopan saat persidangan, belum pernah dihukum dan memiliki tanggungan keluarga,” katanya.

Majelis hakim juga mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider tiga bulan penjara. “Jika tidak dibayarkan dalam waktu seminggu setelah inkrah,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]