Home / Hukrim / Korupsi Buku, Vitaliz di Penjara 1,5 Tahun

Korupsi Buku, Vitaliz di Penjara 1,5 Tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Tambolaka – Vitalis Diaz, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan buku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (PPO) Sumba Barat Daya (SBD) tahun anggran 2010 sebesar Rp 14 miliar, akhirnya divonis penjara selama 1,5 tahun.

Dalam sidang putusan kasus dugaan korupsi pengadaan buku di PPO Sumba Barat Daya yang dipimpin I Nyoman Somanada didampingi dua anggotanya Fery Haryanta dan Hartono menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melalukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan buku tersebut.

Selain divonis 1,5 tahun penjara, terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta. Terdakwa harus membayar denda tersebut paling lambat satu minggu setelah putusan ini berkekuatan tetap. Jika terdakwa tidak bisa membayar denda tersebut maka akan diganti dengan hukuman 6 bulan penjara.

Baca Juga :  Berkas Perkara Bupati Ngada Dilimpahkan ke Kejaksaan

Majelis hakim menilai perbuatan terdawa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dalam pasal 5 ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi yang diubah dan disempurnakan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999.

Kuasa Hukum terdakwa, Erry Mamoh yang ditemui usai persidangan mengatakan terdakwa menyatakan pikir-pikir atas keputusan majelis hakim yang dijatuhkan terhadap terdawa Vitalis Diaz. “Kami masih pikir-pikir atas keputusan itu untuk banding atau tidak,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan, JPU Didit Adi Nugroho bahwa dirinya masih pikir-pikir atas keputusan itu, karena dirinya harus berkonsultasi dengan pimpinan sebelum menentukan sikap. “Saya harus konsultasikan dulu dengan pimpinan,” katanya. (Dem)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]