Home / Hukrim / Korupsi Mangga, Lima Pejabat Nagekeo di Penjara 3 Tahun

Korupsi Mangga, Lima Pejabat Nagekeo di Penjara 3 Tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi mangga

NTTTERKINI.COM, Nagekeo – Lima pejabat Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) di vonis penjara 3 tahun, karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan anakan mangga harum manis tahun 2010 yang merugikan negara Rp 1,4 miliar.

Vonis terhadap lima terdakwa dugaan korupsi mangga itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa yang menuntut terdakwa di hukum selama 5,5 tahun penjara.

Lima terdakwa itu yakni Oswaldus Nuwa, Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten Nagekeo, Wula Maria Theresia Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Nagekeo, Lejo Maria Verenanda, salah satu Kabid di dinas tersebut, VR Djawa Mega, dan Lengu Marselinus, keduanya menjabat Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga :  Pencabulan Anak Kandung, Oknum Polisi Masih Bebas Berkeliaran

Dalam sidang dengan agenda putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis, 7 Februari 2013. Majelis Hakim menilai lima terdakwa itu telah melakukan tindak pidana korupsi.

Selain divonis 3 tahun penjara, terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara, dengan catatan, jika dalam seminggu tidak melunasi denda tersebut, setelah adanya utusan hukum tetap (Inkrah).

Pertimbangan majelis hakim, perbuatan terdakwa telah bertentangan dengan program pemerintah dimana pemerintah sangat gencar memberantas tindak pidana korupsi. Perbuatan terdakwa telah melanggar ketentuan UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]