Home / Ekbis / Kota Kupang Akan Alihkan Perijinan ke Pelayan Satu Pintu

Kota Kupang Akan Alihkan Perijinan ke Pelayan Satu Pintu

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Thomas Gah

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) segera menerapkan kebijakan baru terkait perubahan tata kelola semua jenis perijinan yang tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke layanan satu pintu.

“Sementara ini, kami masih dalam proses merancang peraturan Wali Kota. Tujuannya agar warga yang mengurus proses ijin tidak perlu kemana-mana, tapi dilayani di satu tempat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang, Thom Ga, Selasa, 6 November 2018

Menurut dia, masih terdapat 40 jenis perijinan yang masih dikelola masing-masing OPD terkait dan harus segera dialihkan ke layanan satu pintu yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Baca Juga :  81,71 Persen Ibu Melahirkan Ditolong Tenaga Kesehatan

“Ada sekitar 30 hingga 40 perijinan yang masih di kelola OPD. Nantinya, semua akan dialihkan ke DPMPTSP,” tambah Thom.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Barnabas Balukh mengatakan kebijakan perubahan tata kelola di bidang perijinan yang akan dilimpahkan ke layanan satu pintu di antaranya ijin penelitian yang masih ditangani Kesbangpol, Ijin obat pada Dinas Kesehatan, ijin toko modern dan ijin usaha industri pada dinas Disperindag.

Ijin usaha perikanan, ijin penangkapan yang masih di kelola dinas Perikanan, dan berbagai jenis perijinan yang masih di kelola instansi lainnya yakni dinas Pariwisata, pendidikan dan dinas PU.

“Semua jenis perijinan yang masih ditangani OPD, nantinya harus terintegrasi dan dilayani melalui pelayanan satu pintu. Kami sementara menunggu kebijakan tersebut untuk diterapkan,” kata Balukh.

Baca Juga :  Bangun Koridor Lima Kota Kupang Butuh Biaya Rp 179 Milliar

Selain integrasi semua proses layanan perijinan, DPMPTSP juga fokus pada layanan pengurusan perijinan secara online melalui mobile service yang disiapkan untuk melayani masyarakat secara cepat, efisien dan permudah proses layanan. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]