Home / Sosbud / Kota Kupang Jadi Pilot Project E-Warung KUBE-PKH

Kota Kupang Jadi Pilot Project E-Warung KUBE-PKH

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Wali Kota Kupang Jonas Salean bersama kemensos

Wali Kota Kupang Jonas Salean bersama kemensos

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kementrian Dinas Sosial (Kemensos) RI melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Program Keluarga Harapan (PKH) bersinergi membangun 15 Elektronik Warung (e-Warung) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang di jadikan pilot project bagi 22 kabupaten yang akan melayani kebutuhan belanja non tunai.

“Kota Kupang merupakan pilot project bagi 22 kabupaten yang ada di NTT untuk memberlakukan sistem belanja non tunai,” kata Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Kemensos RI, Ety Rahmiyati, Jumat, 9 Juni 2017.

15 e-Warung tersebut tersebar di 14 kelurahan di Kota Kupang, diantaranya Kelurahan Airnona, Bakunase, Fatululi, Kayu Putih, Oesapa Barat, Naimata, Kolhua, Oeba, Manutapen dan Penkase Oeleta.

Baca Juga :  Lantamal VII Kupang Gelar Latihan SAR

E-Warung merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat penerima bantuan yang di bentuk dalam kelompok usaha yang selama ini menerima bantuan secara tunai. Penerima bantuan PKH termasuk penerima rastra akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai alat transaksi melakukan belanja non tunai di e-Warung.

Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengatakan adanya E-warung sebagai kelompok usaha pemberdayaan warga tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan warga sehari-hari dengan menyediakan kebutuhan pokok sekaligus mengurangi transaksi tunai. “E-Warung juga merupakan proses pembelajaran bagi warga bagaimana menggunakan sistem keuangan non tunai,” tambah Jonas.

Penerima kartu peserta KKS akan mendapat nilai sebesar Rp 105 ribu setiap bulan dan selanjutnya bisa digunakan untuk bertransaksi di e-Warung secara non tunai. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]