Home / Kesehatan / Kota Kupang KLB DBD

Kota Kupang KLB DBD

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Jefri Riwu Kore

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD), karena adanya peningkatan jumlah penderita secara signifikan.

“Adanya situasi peningkatan penderita DBD selama kurun waktu dalam seminggu hingga tiga minggu ini secara signifikan, maka Pemerintah Kota Kupang menetap Kejadian luar biasa DBD,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Kamis, 24 Januari 2019.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, 4 Januari 2019 tercatat sebanyak 66 kasus. Dalam kurun waktu satu minggu naik menjadi 114 kasus dan tertanggal 22 Januari 2019 tercatat telah menjadi 127 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan, Ari Wijana mengatakan penetapan kejadian luar biasa DBD sesuai kondisi dan penyebaran kasus,  DBD termasuk salah satu penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah dan harus
segera dilakukan penanggulangan sebagai langkah pencegahan penularan yang lebih luas di suatu wilayah.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Tekankan Penataan Birokrasi

“DBD termasuk salah satu penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah dan harus segera dilakukan penanggulangan dalam rangka mencegah penularan yang lebih luas di suatu wilayah,” kata Wijana.

Rencana tindaklanjut siaga DBD dengan gerakan larvasidasi selektif pada kelurahan dengan tingkat penderita terbanyak sekaligus melakukan tindakan fogging atau pengasapan di 40 kelurahan yang ada kasus penderita DBD. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]