Kota Kupang Masih Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrim

0
115
Rapat Penanggulangan Bencana

NTTTERKINI.COM, Kupang – Potensi cuaca ekstrim hujan lebat disertai angin kencang dan petir di perkirakan masih akan melanda kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terhitung tanggal 9-12 Januari 2020.

“Dalam beberapa hari terakhir ini, cuaca dan berbagai fenomena alam yang terjadi dan akan terjadi harus kita antisipasi bersama,agar menjaga kota ini nyaman dan aman, sehingga perlu ada persiapan dan apa yang harus di kerjakan,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat
membuka koordinasi bersama Peringatan Dini Cuaca Ekstrim bersama BMKG dan BASARNAS, Rabu, 08 Januari 2020.

Sebelumnya Walikota menhimbau waspada cuaca ekstrim yakni curah hujan dengan intensitas lebat yang di sertai petir dan angin kencang di perkirakan terjadi dalam sepekan terhitung sejak tanggal 1-7 Januari 2020. 

Namun berdasarkan perkembangan hasil  pantauan dan monitoring Badan Metereologi, Klimtologi dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca ektrim tersebut masih akan terjadi lagi dengan rentang waktu terhitung 9-12 Januari 2020.


“Kupang khususnya perlu kita waspadai karena prakiraan terakhir cuaca ekstrim akan terjadi lagi dengan potensi curah hujan lebat disertai angin kecang dan petir,” kata Kepala BMKG NTT, Apolinaris Geru. 

Hasil pantauan satelit kejadian cuaca ekstrim tersebut akibat tropical siklon  dengan terbentuknya tekanan rendah dari Australia dengan kecepatan angin 10-20 knot, angin bertiup dari Barat laut dengan durasi cepat dan singkat. (Lid)

Komentar ANDA?