Home / Kesehatan / Kota Kupang Masih Dalam Zona Pantau Malaria

Kota Kupang Masih Dalam Zona Pantau Malaria

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit(P2P) mengemukakan saat ini Kota Kupang masih dalam zona pantau penanganan penyakit malaria.

“Untuk kasus di Indonesia Timur, Kota Kupang masih dalam zona yang perlu dipantau penanganan akibat penyakit malaria,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Sri Wahyuningsih, Senin, 24 Juli 2017.

Berdasarkan data Dinkes Kota Kupang, angka penyakit malaria 2011 capai 2,23 persen, dari jumlah penduduk sebanyak 450.360 jiwa, dan 2016, angka penyakit malaria masih sebanyak 0,15 persen.

Karena itu, 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) disiapkan 12 tenaga analis kesehatan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan, karena setiap pemeriksaan rutin seperti pemeriksaan hematologi rutin dan urine rutin, kimia darah (gula darah, asam urat dan kolestrol) harus berdasarkan penetapan diagnosa oleh tenaga analis kesehatan.

Baca Juga :  13 Rumah Sakit Layani Pemeriksaan HIV-AIDS di NTT

“Idealnya tiap Puskesmas harus memiliki 2 tenaga analis kesehatan yang berfungsi sebagai tenaga kesehatan yang mendiagnosa penyakit secara akurat, sehingga pencegahan dan pengobatannya tepat, karena semua pemeriksaan kesehatan di tekankan melalui laboratorium,” tambah Sri.

Keberadaan tenaga analis kesehatan di tiap puskesmas diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan fungsi puskesmas sebagai pusat layanan dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]