Home / Polkam / Kota Kupang Miliki 278 Pemilih Disabilitas

Kota Kupang Miliki 278 Pemilih Disabilitas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang periode 2017- 2022 sebanyak 232.116. Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 278 pemilih disabilitas

DPS pemilih pada Pilkada Kota Kupang baru akan diumumkan pada 2 Desember 2016 mendatang. “Untuk Kota Kupang jumlah pemilih disabilitas sebanyak 278 orang yang tersebar di enam kecamatan,” kata juru bicara KPU Kota Kupang, Danny Ratu, Senin, 28 November 2016.

Kategori pemilih disabilitas tersebut diantaranya tuna daksa sebanyak 31 orang, tuna netra 70 Orang, tuna rungu 68 orang, tuna grahita 80 orang dan pemilih lainnya, seperti lumpuh sebanyak 29 orang.

Baca Juga :  'Real Count' KPU Jangan Dijadikan Dasar Pemenang Pilkada

Dalam menjamin hak suara penyandang disabilitas, maka KPU Kota Kupang akan menyiapkan kertas suara khusus, seperti penyandang tuna netra, misalnya, akan ada surat suara dalam bentuk huruf Braille. “Mereka juga akan dibantu kerabat atau petugas di TPS tempat memilih,” tambah Danny.

Sementara TPS yang disediakan tidak dibedakan dengan pemilih lainnya, namun diupayakan setiap TPS yang ada pemilih disabilitas dipermudah dengan akses masuk ke TPS setempat dan akses ke bilik suara. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]