Home / Kesehatan / Kota Kupang Siap Raih Eliminasi Malaria

Kota Kupang Siap Raih Eliminasi Malaria

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Sri Wahyuningsih dan Ferdinan Laihad

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Tim Penilaian Eliminasi Malaria Kementrian Kesehatan RI, Ferdinand Laihad mengatakan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap meraih sertifikat eliminasi malaria sebagai tujuan akhir pengendalian dan penanggulangan penyakit tersebut.
.

“Berdasarkan penilaian, Kota Kupang menjadi kota di NTT yang berpotensi mendapatkan sertifikat eliminasi Malaria, sebagai bentuk pengakuan bebas dari penyakit tersebut,” kata Ferdinand, Senin, 17 Juni 2019.

Dilihat dari apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Kupang sesuai assessmen, rekomendasi, pemetaan dan pengamatan, mama dinilai layak mendapatkan pengakuan bebas penyakit tersebut.

Tercatat sejak tahun 2017 jumlah kasus penderita malaria sebanyak 109 kasus, 2018 sebanyak 49 kasus dan 2019 ditemukan hanya sebanyak 7 kasus. Hal tersebut menunjukan perkembangan penyakit tersebut mampu ditanggulangi guna menuju kota bebas malaria.

Baca Juga :  Dana PIP Bagi Siswa di Kota Kupang Terancam Ditarik

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan pemerintah konsisten untuk melakukan eliminasi malaria dan mendapat pengakuan secara nasional sebagai wilayah yang bebas dari penyakit tersebut.

“Kota Kupang siap meraih eliminasi malaria sebagai tujuan menetapkan kota bebas dan aman dari penyakit tersebut,” kata Sri.

Bentuk dukungan dan upaya pemerintah dalam persoalan kesehatan terutama eliminasi Malaria tertuang dalam Peraturan Wali kota (Perwali) Nomor 16 tahun 2019. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]