Home / Polkam / Kota Kupang Terapkan Dukcapil Go Digital

Kota Kupang Terapkan Dukcapil Go Digital

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Sosialisasi dukcapil go digital

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tenerapkan sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE) atau “Dukcapil Go Digital”, dalam pengurusan empat administrasi kependudukan.

“Sistem dukcapil go digital atau TTE ini diuji coba dengan empat administrasi kependudukan. Tujuannya mempermudah kepengurusan semua dokumen yang membutuhkan tanda tangan,” kata Sekretaris Dukcapil, Agus Ririmase saat sosialisasi perekaman e-KTP di Mako Satbrimob Polda
NTT, Sabtu,  9 Februari 2019.

Empat dokumen kependudukan tersebut yakni Akta Lahir, Kartu Keluarga (KK), Akta Kematian dan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI).

Menurut dia, adanya sistem tersebut Kepala Dinas (Kadis) dapat melakukan penandatangan semua dokumen menggunakan sistem dukcapil go digital dari mana saja, jika tidak berada di tempat.

Baca Juga :  Komisi II DPR RI Pantau Pilkada Serentak Di Kota Kupang

Hal tersebut bertujuan mempermudah warga dalam pengurusan semua administrasi yang membutuhkan tanda tangan tanpa harus menunggu.

“Sistem ini, meski Kadis tidak berada di tempat atau sedang berdinas pun dapat melakukan tandatangan secara digital semua proses pengurusan dokumen tanpa harus menunggu berada di kantor,” tambah Ririmase.

Kota Kupang masuk dalam 514 Kabupaten/kota se Indonesia yang di pilih untuk menerapkan sistem TTE yang menggunakan specimen tanda tangan, password dan username yang di berikan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]