Home / Kesehatan / Kota Kupang Waspada Penyakit Hipertensi dan Stroke

Kota Kupang Waspada Penyakit Hipertensi dan Stroke

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Dr Ari Wijana

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ari Wijana mengatakan penyakit hipertensi menduduki peringkat pertama tren di Kota Kupang.

“Kami berusaha menekan penyakit berpotensi wabah. Kami kendalikan supaya menurun, tapi justru yang naik sekarang penyakit tidak menular dan menjadi tren di Kota Kupang,” kata Ari, Selasa, 27 November 2018.

Menurut dia, hipertensi, gagal ginjal, diabetes, stroke dan gula darah merupakan lima jenis penyakit menduduki peringkat lima teratas dengan jumlah penderita yang terus mengalami peningkatan di tiap tahun dan masuk kondisi waspada penyakit tidak menular.

“Peningkatan penderita penyakit tidak menular cukup signifikan. Bahkan naik hingga 100 persen dari jumlah sebelumnya,” tambah Ary.

Baca Juga :  Tiga RS Ini Belum Miliki Alat Pengolah Limbah Medis

Data BPJS 2017, pasien yang menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk pengobatan tercatat penderita gagal ginjal meningkat hingga capai 503 orang dari 26 penderita sebelumnya. Sedangkan penderita stroke anil menjadi 2.350 orang dari sebelumnya hanya 141 orang. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]