Home / Sosbud / KPA Kota Kupang Bekali Wartawan Peliput HIV-AIDS

KPA Kota Kupang Bekali Wartawan Peliput HIV-AIDS

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Monika Wutun

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengelar penguatan kapasitas teknik penulisan jurnalisme empati bagi komunitas wartawan peliput berita  HIV-AIDS .

“Wartawan harus mampu menjadi bagian dari pemberitaannya dan di tuntut mampu menjadi juru bicara kaum rentan dan penderita HIV dan AIDS,” kata Sekretaris KPA Kota Kupang, Steven Manafe saat membuka kegiatan penguatan kapasitas wartawan, Kamis, 29 November 2018.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang, Monika Wutun mengatakan jurnalisme empati adalah jurnalisme kemanusiaan yang menempatkan nara sumber berita bukan sebagai objek pemberitaan yang dieksploitasi, tetapi menerapkan pemberitaan yang menghargai nara sumber sebagai manusia yang memiliki perasaan dan patut di hargai.

Baca Juga :  Dua Rumah Terbakar, Suami Istri Luka Berat

“Wartawan yang menjadi peliput berita kaum rentan dan penderita HIV dan AIDS harus memiliki rasa empati dan persepktif humanisme yang mewakili rasa kaum rentan,” kata Monika.

Pemilihan diksi, pengetahuan, kualitas, tidak diskriminasi dan sisi etik berita wajib di miliki oleh setiap wartawan yang menjadi peliput berita dan ikut terlibat dalam komunitas jurnalis peduli HIV dan AIDS.

“Tulisan wartawan harus menjadi bacaan yang membuat orang lain nyaman, jangan menjadi jurnalisme yang menambah beban, label dan
stereotipe,” tutupnya. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]