Home / Kesehatan / KPAD NTT Dorong Ibu Hamil Periksa HIV

KPAD NTT Dorong Ibu Hamil Periksa HIV

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

HIV-rebbbonNTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tahun 2013 mendorong ibu hamil untuk melakukan Voluntary Counseling and Testing (VCT) untuk mengetahui apakah ibu dan janin itu mengidap HIV atau tidak.

“Upaya ini harus dilakukan karena NTT telah menjadi daerah dengan penyebaran HIV/AIDS yang cukup mencemaskan,” kata Sekretaris eksekutif KPAD NTT, dr Husein Pancratius, Senin 4 Maret 2013.

KPAD NTT, menurut dia, berobsesi agar tidak ada lagi pengidap baru HIV. Artinya tidak ada lagi bayi lahir dengan HIV positif. “Kalau pengidap baru bisa dua macam, baru ditemukan atau pengidap baru HIV. Tapi pengidap baru yang sesungguhnya bayi lahir dengan HIV,” katanya.

Baca Juga :  Sembilan Kabupaten di NTT Belum Kerjasama BPJS

Untuk itu, katanya, KPAD NTT mendorong yang namanya prevention of mother to child transmition (PMT) untuk mencegah tranmisi HIV dari ibu yang positif kepada bayi. Dimana, jika seorang ibu yang positif HIV waktu menyusui harus minum Anti Retro Virus (ARV), sehingga tidak akan tularkan pada bayinya.

Pada proses kehamilan tidak hanya komponen gizi, anemia dan lainnya yang diperhatikan, tetapi juga ada tes VCT untuk ibu hamil, sehingga kalau ibu tersebut positif HIV maka dia bisa minum ARV agar tidak tularkan pada bayinya.

“Kita berharap semua pihak dapat mendorong upaya ini hingga berhasil, karena upaya ini akan sangat membantu generasi penerus bangsa ini,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]