Home / Polkam / KPU Kesulitan Verifikasi Dukungan Paket Cristal

KPU Kesulitan Verifikasi Dukungan Paket Cristal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Cristal

NTTTERKINI.com, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) mempertanyakan keabsahan dukungan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Christian Rotok dan Paul Liyanto (Cristal). Pasalnya, tidak semua kabupaten yang akan di verifikasi miliki tim kampanye.

“Kami kesulitan melakukan verifikasi, karena ketiadaan tim kampanye paket Cristal di tingkat desa/kelurahan,” kata Anggota KPU NTT Yos Dasi Djawa kepada wartawan, Senin, 15 Januari 2013.

Menurut dia, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan akan verifikasi faktual terhadap dukungan tambahan paket Cristal secara kolektif. Karena itu diperlukan tim kampanye di tingkat desa/kelurahan untuk mengumpulkan para pendukung yang telah memberikan dukungan untuk diverifikasi secara kolektif oleh PPS.

Baca Juga :  KPU Sortir Surat Suara Pilgub NTT

Dia mengatakan, ada beberapa kabupaten seperti Timor Tengah Selatan, Belu dan Flores Timur telah menyampaikan bahwa tim kampanye Cristal belum terbentuk di tingkat desa/kelurahan terutama yang ada pendukung paket independen itu. Padahal verifikasi faktual dilakukan hingga tanggal 23 Januari 2013 ini.

KPU berharap ada koordinasi antar tim kampanye provinsi dan kabupaten/kota untuk membentuk tim kampanye tingkat desa/kelurahan, sehingga bisa dilakukan verifikasi. Jika tidak, maka dukungan administrasi yang telah diberikan itu dianggap tak memenuhi syarat. “Dengan kata lain tidak ada dukungan tambahan yang diberikan untuk paket Cristal dari desa/kelurahan bersangkutan,” katanya.

KPU, tambahnya, telah disampaikan kepada ketua tim sukses paket Cristal pada penyerahan dukungan tambahan ke KPU bahwa verifikasi faktual dukungan tambahan ini hanya dilakukan di tingkat desa/kelurahan yang dihimpun oleh tim kampanye. “Kerjasama untuk sukseskan verifikasi faktual ini sangat dibutuhkan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]