Home / Polkam / KPU Kota Kupang Siap Jalankan Putusan MK

KPU Kota Kupang Siap Jalankan Putusan MK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ludowyk Fredik

Ludowyk Fredik

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan siap melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan verifikasi faktual dilakukan bagi partai politik yang lama maupun yang baru.

“Kami hanya menunggu tembusan putusan MK dan perintah resmi dari KPU pusat, jika harus lakukan verifikasi faktual bagi parpol lama,” kata Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo, Kamis, 11 Januari 2018.

Berdasarkan pasal 173 Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 membedakan perlakuan pada parpol untuk bisa ikut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, verifikasi faktual hanya diwajibkan kepada parpol baru, sementara parpol lama hanya mengikuti proses penelitian
administrasi, namun putusan MK menyamakan syarat bagi semua calon peserta pemilu.

Baca Juga :  KPU Distribusikan Logistik Pilgub NTT

Komisioner KPU Kota Kupang Lodowyk Fredik mengatakan KPU RI akan memberikan petunjuk teknis terkait pemberlakuan verifikasi faktual bagi semua parpol lama berdasar putusan terbaru dari MK.

Sementara ini terdapat sebanyak 16 parpol yang telah terdaftar, diantaranya, 12 parpol lama yang telah selesai melewati proses verifikasi administrasi, dan empat parpol baru, dua diantaranya yakni Partai Persatuan Indonesia (PERINDO) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah di lakukan verifikasi faktual,dan dua partai baru lainnya, Berkarya dan partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA) sementara menjalani proses verifikasi faktual.

“Partai Berkarya dan Garuda masih sementara berjalan proses verifikasi faktual untuk putusan MK bagi partai lama kami masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI,” kata Lodowyk.

Baca Juga :  14 Parpol Lolos Tahap Verifikasi Faktual

Sesuai jadwal tahapan, penetapan peserta pemilu akan di laksanakan pada 17 Februari 2018 dan penarikan nomor urut peserta akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2018. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]