Home / Polkam / KPU NTT Ambialih Tugas KPU 16 Kabupaten

KPU NTT Ambialih Tugas KPU 16 Kabupaten

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Jhon Depa

Jhon Depa

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengambil alih tugas dan kewenangan KPU di 16 kabupaten/kota se-NTT. Pasalnya, masa tugas anggota KPU kabupaten/koota itu telah usai.

“Ada 16 tugas dan kewenangan KPU Kabupaten dan Kota yang diambil alih oleh KPU provinsi,” kata Ketua KPU NTT Jhon Depa di Kupang, Senin, 2 Desember 2013.

Dari 16 kabupaten dan kota yang diambil tugasnya, menurut dia, 13 diantaranya karena usai masa tugas, sedangkan tiga sisanya dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), karena dinilai melanggar kode etik.

Terakhir, lanjutnya, DKPP memecat dua anggota KPU Sumba Barat Daya, karena dinilai melanggar kode etik dengan menggelar pleno ulang pemilu kepala daerah (Pilkada) Sumba Barat Daya dan menggugurkan kemenangan Markus Dairo Tallu yang telah diperkuatkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). “DKPP memperkuat putusan KPU Provinsi yang memecat Ketua KPU Sumba Barat Daya,” katanya.

Baca Juga :  Anggota KPU SBD Terancam Dipecat

Dengan pemecatan itu, maka KPU NTT mengambil alih tugas dan kewenangan KPU Sumba Barat Daya yang masih mempolemikan hasil pilkada. “Kami ambi alih seluruh tugas KPU, mulai dari Pilkada hingga Pileg,” katanya.

Sedangkan anggota KPU di 13 kabupaten dan kota yang berakhir masa tugas, katanya, masih dalm proses perekrutan, karena KPU NTT belum bisa menggelar fit and propertest calon anggota KPU yang baru karena belum dilantik. “Kami belum dilantik, karena masa tugas kami diperpanjang hingga pelantikan Bupati Nagekeo,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]