Home / Polkam / KPU NTT Siap Hadapi Gugatan Tunas

KPU NTT Siap Hadapi Gugatan Tunas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ibrahim  Medah-Melki Laka Lena (by Joohn Seo)

Ibrahim Medah-Melki Laka Lena (by John Seo)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan siap megnhadapi gugatan dari peserta pemilu gubernur NTT periode 2013-2018.

“Kita siap hadapi gugatan. Jika ada paket yang menggugat hasil Pemilu gubernur ke Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan di Kupang, Sabtu, 30 Maret 2013.

Menurut dia, KPU NTT telah mneyiapkan pengacara negara, saksi, bukti beserta dokumen. “Semuanya sudah kami siapkan untuk menghadapi gugatan pilgub NTT,” katanya.

Ketua KPU NTT, John Depa mengatakan akan berkoordinasi dengan Mahkamah Konstitusi untuk memastikan ada tidaknya gugatan sengketa Pemilu gubernur NTT. “Kami harus pastikan ada tidaknya gugatan ke MK,” katanya.

Baca Juga :  Kampanye Frenly di Belu Makan Korban

Sebelumnya, saksi pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur Ibrahim Agustinus Medah- Melki Laka Lena (Tunas), Nixon Mesakh mengancam akan menggugat KPU NTT ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena temuan dari pasangan Tunas saat pencoblosan lalu, belum diselesaikan, sehingga butuh penyelesaian lebih lanjut.

Permasalah itu terjadi di tiga kabupaten yakni Timor Tengah Selatan (TTS), dimana bukti berita acara perolehan suara berupa C1 kwk, banyak yang tidak diberikan kepada saksi Tunas. Akibatnya, pasangan Tunas tidak bisa menghitung secara cermat suara sah pasangan itu. “Masalah ini juga dikeluhkan pasangan Frenly,” katanya.

Di Lembata, lanjutnya, ada tiga poin keberatan yang belum diselesaikan. Sedangkan di Sikka, masalah terdapat di tiga kecamatan yakni Nita, Doreng, dan Tanawawo, dimana saksi pasangan Tunas tidak diberikan undangan, saat perhitungan suara di tingkat kecamatan atau PPK. “Kami sudah masukan mandat, namun tidak diundang,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]