Home / Polkam / KPU NTT Tetapkan Daftar Pemilih Khusu 65.605

KPU NTT Tetapkan Daftar Pemilih Khusu 65.605

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

logo-kpuNTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 65.605, Senin, 31 Maret 2014. DPK tersebut terdiri dari laki-laki 31.820 pemilih dan perempuan 33.785 pemilih.

Penetapan tersebut diumumkan Ketua KPU NTT Johanes Depa dalam Rapat Pleno Penyusunan dan Penetapan DPK Pemilu Legislatif yang dihadiri seluruh KPU kabupaten dan kota, perwakilan partai politik (parpol), dan Badan Pengawas Pemilu.

Dengan penambahan DPK tersebut, maka jumlah pemilih pemilu legislatif di NTT setelah ditambah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 3.094.988 orang menjadi 3.160.593 orang. “Masih ada 4.022 pemilh yang memiliki NIK invalid tetapi ada dalam DPT sedang ditelusuri untuk disempurnakan,” katanya.

Baca Juga :  Pilgub NTT, Raja Molo Dukung Medah

NIK invalid tersebut tersebar di empat kabupaten yakni Ende, Flores Timur, Nagekeo dan Timor Tengah Utara. Terkait banyaknya pemilih khusus, Juru Bicara KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe memastikan tidak terjadi penambahan surat suara.

Ia memastikan seluruh surat suara yang disiapkan KPU cukup yakni untuk pemilih DPT dan DPK. “Masih ada dua persen surat cadangan dari jumlah suara di TPS (tempat pemunggutan suara) yang bisa digunakan untuk pemilih DPK,” katanya.

Selain itu, dia memastikan masih ada lagi kelebihan surat suara karena seluruh pemilih tidak akan datang memberikan suaranya di tempat pemunggutan suara. Sehingga surat suara yang tidak terpakai bisa digunakan oleh pemilih DPK. “Surat suara sisa bagi pemilih yang tidak menggunakan haknya bisa digunakan oleh pemilih dalam DPK,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]