Home / Polkam / KPU Terapkan Aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye

KPU Terapkan Aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Bimtek Aplikasi dana kampanye

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai menerapkan aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye (SIDAKAM).

“Aplikasi ini merupakan sistem informasi dan teknologi yang berbasis web dengan sistem offline yang mempermudah peserta pemilu melaporkan dana kampanye,” kata Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo saat membuka bimbingan teknis aplikasi pelaporan dana kampanye, Jumat, 14 September 2018.

Aplikasi tersebut, menurut dia, bertujuan membantu peserta pemilu dalam menginput penerimaan dan pengeluaran dana kampanye, sekaligus mempermudah penyusunan dan penyampaian laporan dana kampanye ke KPU.

Hal ini guna mendorong transparansi dan sebagai kontrol bagi peserta pemilu dalam penerimaan sumbangan dana kampanye yang legal, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Dana Pilkada Flores Timur Rp25,8 Miliar

“Hal ini juga bertujuan sebagai bentuk transparansi dalam tahapan pemilu yang berintegritas dan profesional,” tambah Minggo.

Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, mengatur kewajiban peserta pemilu untuk melaporkan dana kampanye diantaranya penggunaan, besaran dan sumber dana yang akan tertuang dalam Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) serta Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]