Home / Hukrim / Kuasa Hukum PKGD: Putusan PTUN Tak Menangkan PT GIN

Kuasa Hukum PKGD: Putusan PTUN Tak Menangkan PT GIN

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Henry Indraguna saat berikan keterangan pers

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kuasa hukum PT Puncak Keemasan Garam Dunia (PKGD), Henry Indraguna menyayangkan klaim PT GIN bahwa telah menang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena gugatan PT PKGD di tolak hakim PTUN.

Padahal dalam amar putusan hakim PTUN tidak menyebutkan PT GIN menang atau gugatan di tolak. Dalam amar putusan PTUN Kupang hanya disebutkan objek sengketa gugatan tata usaha negara yang didaftarkan maaih bersifat sementara atau belum final, sehingga hakim berpendapat pokok perkara gugatan tidak perlu dilanjutkan lagi.

“Kami minta kuasa hukum PT GIN untuk menunjuk atau membuktikan isi amar putusan PTUN Kupang yang menyatakan dengan jelas dan tegas bahwa PT GIN menang dan ijin-ijin PT GIN sudah sesuai prosedur,” tegas Henry melalui siaran pers yang diterima media ini, Senin, 26 November 2018.

Baca Juga :  PN Kupang Tolak Eksepsi PT GIN

Mereka juga menyebutkan bahwa gugatan PT PKGD di tolak oleh PTUN Kupang, namun menurut Henry, fakta sesungguhnya gugatan a quo bukan dinyatakan di tolak, tetapi gugatan a quo hanya dinyatakan tidak dapat diterima. “Hal ini menunjukan tergugat dan tergugat intervensi tidak tahu makna kata gugatan di tolak dan tidak dapat diterima,” katanya.

Putusan PTUN tersebut, menurut dia, belum memiliki kekuatan hukum yang tetap (Incrach). Hal ini berarti para pihak masih dapat melakukan upaya hukum lanjutan terhadap putusan PTUN Kupang. “Dengan kata lain, apabila para pihak yang tidak menerima atau merasa keberatan dengan putusan tersebut maka para pihak masih dapat mengajukan upaya hukum berupa upaya hukum banding,” tegasnya.

Baca Juga :  Polisi Amankan 27 Motor Bodong

Karena itu, lanjut dia, pihaknya telah melakukan upaya hukum terbaru yakni gugatan tata usaha negara. Gugatan yang didaftarkan ini terkait ijin usaha industri menengah yang diterbitkan oleh Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Kupang kepada PT GIN

“Kami berharap gugatan ini memperoleh putusan yang seadil-adilnya dan dapat mengungkap kebenaran sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Sementara kuasa hukum PT GIN belum berhasil dikonfirmasi wartawan. (*/Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]