Home / Sosbud / Kuota Raskin NTT 75,9 Ribu Ton

Kuota Raskin NTT 75,9 Ribu Ton

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah pusat melalui Badan Urusan Logistik Divisi Regional Nusa Tenggara Timur, tahun 2013 mengalokasikan beras miskin (Raskin) sebanyak 75,9 ribu ton yang akan diberikan kepada 421.799 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSM).

“Alokasi raskin yang diberikan tidak mengalami perubahasan yakni 75.924 ton,” kata kata Kepala Badan Urusan Logistik Divisi Regional Nusa Tenggara Timur, Miftahul Adha, Selasa, 19 Februari 2013 lalu.

Walaupun kuota raskin yang diberikan tidak mengalami perubahasan, seperti tahun sebelumnya. Namun, menurut dia, jumlah peneriman raskin mengalami penurunan, hingga 3.402 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS), atau sekitar 0,80 persen dari jumlah sebelumnya di 2012. Pada 2012 jumlah alokasi RTSM Nusa Tenggara Timur sebanyak 425.201, turun menjadi 421.799,” atau turun sekitar 3.402 RTSM.

Baca Juga :  Mahasiswa Lesbian Asal Kupang Diamankan di Riau

Penurunan ini, katanya, karena keterbatasan anggaran pemerintah dan terjadinya pengurangan keluarga miskin di Indonesia, termasuk di Nusa Tenggara Timur. “Program Raskin merupakan program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan warga yang kurang mampu,” katanya.

Raskin diluncurkan bukan untuk memanjakan masyarakat yang tergolong miskin dan kurang mampu. Wali Kota Kupang, Jonas Salean, mengatakan pemeritah Kota Kupang telah mengeluarkan kebijakan untuk membantu masyarakt miskin di yang tidak terdaftar sebagai penerima Raskin nasional dengan kebijakan Raskin daerah. “Sebanyak 388 RTSM yang tidak masuk sebagai penerima raskin akan diberikan melalui raskin daerah,” katanya.

Hal itu dilakukan agar RTSM tersebut, bisa tetap menerima bantuan Raskin dengan alokasi tiap bulan 15kg/bulan. Raskin daerah itu, lanjutnya, akan diberikan selama 13 bulan dengan bantuan APBD, dan dihitung sejak bulan Juni 2012 yang lalu. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]