Home / Polkam / Kupang dan Timor Leste Bahas Masalah Batas Negara

Kupang dan Timor Leste Bahas Masalah Batas Negara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ayub Titu Eki

NTTTERKINI.COM, Oelamasi – Konsul Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Nusa Tenggara Timur, Felixiano da Costa dan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki bertemu membahas masalah batas negara, di Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur dan Oeccuse, Timor Leste.

“Masalah perbatasan antar Oepoli dan Oeccuse memang cukup rumit, sehingga butuh penyelesaian secara kekeluargaan,” kata Konsul RDTL, Felixiano da Costa, akhir pekan lalu usai bertemu Bupati Kupang.

Menurut dia, masalah perbatasan di Oepoli, Amfoang Timur dan Oeccuse belum terselesaikan sampai saat ini. Karena itu, kedua pimpinan ini bertemu untuk mencari solusi, agar masyarakat di perbatasan hidup berdamai. “Kami berharap masyarakt tetap hidup damai,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Amankan 10 Imigran Gelap di Kupang

Secara hukum, katanya, Timor Leste menyerahkan kepada tim
yang telah terbentuk untuk menyelesaikan masalah perbatasan itu. Namun, pihaknya ingin melakukan pendekatan adat dan kekeluargaan guna meminimalisir situasi di perbatasan. “Adat ini merupakan bagian dari hidup masyarakat di perbatasan,” katanya.
Hal senada diungkapkan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki bahwa semua pihak harus tunduk kepada hukum yang berlaku sesuai kesepakatan internasional tentang perbatasan Timor Leste dan Indonesia, khususnya di Oepoli dan Oeccuse.

Namun, sebagai satu rumpun dengan adat istiadat yang sama, sehingga perlu adanya pertemuan secara berkala di daerah perbatasan dalam rangka mencairkan suasana. “Penyelesaian perbatasan tidak harus tunggu secara hukum. Tapi masih ada peluang untuk pertemuan keluarga di perbatasan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]