Home / Sosbud / Lestarikan Pangan Lokal, Pemkot Kupang Gelar Festival BSL

Lestarikan Pangan Lokal, Pemkot Kupang Gelar Festival BSL

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Clementina Soengkono

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengelar acara festival kuliner berbahan pangan lokal seperti jagung bose, daging Sapi asap atau Se’i dan Sambal khas Lu’at (BSL).

“Wisata kuliner ini bertujuan melestarikan pangan lokal kami yang hampir punah, karena kebiasaan warga yang sekarang lebih banyak
mengkonsumsi beras atau nasi,” kata ketua panitia Festival BSL, Clementina Soengkono, Kamis, 19 April 2018.

Menurut dia, dalam festival tersebut pemkot berkerjasama dengan beberapa lembaga yang turut  ikut terlibat menyiapkan sebanyak  20 ribu porsi makanan BSL yanga akan ditukarkan dengan menggunakan kupon gratis yang sebelumnya telah di bagikan kepada warga.

Baca Juga :  Kakek 78 Tahun Nyaris Tewas Tertimbun Longsor

Makanan BSL yang disiapkan juga di kelola dan memenuhi standar kandungan gizi. “Semua makanan yang akan dibagikan nanti dikelola berdasarkan standar gizi yang telah kami tetapkan agar memiliki nilai gizi yang cukup,” tambah Clementina.

NTT di kenal sebagai provinsi penghasil jagung, namun belum secara maksimal dijadikan sebagai makanan khas yang bergengsi dan miliki nilai jual tinggi sekaligus dalam upaya menjaga ketahanan pangan selain beras, melestarikan pangan lokal dapat berdampak pada peningkatkan ekonomi warga dengan adanya transaksi pembelian jagung, sekaligus pengembangan wisata kuliner.

“NTT provinsi jagung, namun 10 tahun terakhir tidak merasakan manfaat jagung, hanya di produksi namun belum mengangkat gengsi jagung sebagai kuliner yang memiliki kandungan gizi dan nilai jual tinggi,” katanya.

Baca Juga :  Gempa 6,0 SR Guncang Labuan Bajo

Festival tersebut menelan anggaran sebesar Rp 92 juta yang digunakan untuk bahan baku BSL. Panitia akan dirikan 137 stan yang akan turut ikut berpartisipasi membagikan makanan tersebut di arena Car Free Day (CFD) pada 21 April 2018, pukul 06.00-10.00 wita. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]