Home / Sosbud / Longsor, Jalan Ende-Maumere Nyaris Putus

Longsor, Jalan Ende-Maumere Nyaris Putus

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Ende Ruas jalan yang menghubungkan Ende–Maumere di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) nyaris putus menyusul amblasnya badan jalan trans Flores di Kampung Welaleba, Desa Ndungga,Kecamatan Ende Timur. Akibatnya badan jalan hanya terisa 3,5 meter, sehingga terjadi antrian kendaraan yang mencapai 2 kilometer (km).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Andre Koreh mengatakan berdasarkan laporan satuan kerja (Satker), jika ruas jalan itu tidak segera di perbaiki, maka jalan itu akan putus total dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya, karena lokasinya persis di pinggir sungai.

“Saya sudah minta satker untuk segera memperbaiki jalan itu, sehingga tidak mengganggu arus lalulintas antarkabupaten,” kata Andre Koreh kepada wartawan di Kupang, Jumat, 11 Januari 2013.

Baca Juga :  Pemerintah Buka Stasiun Damri di Labuan Bajo

Longsoran juga terjadi di Desa Dile, Kecamatan Detusoko,25 kilo meter arah timur Kota Ende. Namun, longsoran itu sudah diatasi, karena alat berat sudah disiagakan di lokasi kejadian. “Buldoser sudah menggusur material longsor yang menutup badan jalan,” katanya.

Warga Desa Welaleba, Andreas Ga’a  mengatakan, longsor itu terjadi pada Rabu, 9 Januari 2013, sekitar pukul 02.30 Wita, ketika hujan lebat mengguyur daerah itu selama sepekan terakhir ini. “Saya sedang ronda, tiba-tiba terdengar suara gemuruh longsoran sekitar 30 meter yang menutup badan jalan,” katanya.

Hujan selama sepekan itu juga membuat warga yang tinggal di bantaran kali Wolowona waspada, karena takut terjadi banjir  besar yang dapat merendam rumah mereka. “Warga tidak bisa tidur, karena takut banjir,” katanya.

Baca Juga :  Laporkan ke Dewan Pers, SPS Data Media di NTT

Banjir juga merusak tembok penyokong Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ndungga hingga 15 meter, sehingga menghambat pembangunan  proyek PLTA itu yang akan menyuplai listrik ke Kota Ende. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]