Home / Sosbud / Longsor, Jalan Putus di Manggarai Timur

Longsor, Jalan Putus di Manggarai Timur

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Hujan deras di Kecamatan Lambaleda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT Sabtu kemarin mengakibatkan jalan utama penghubung Bentengjawa – Dampek putus total akibat longsor. Jalan yang terkena longsor berada di titik Kampung Nanus hingga Waepaci, sekitar 7 kilometer dari Bentengjawa, ibu kota Kecamatan Lambaleda.

Jalur tersebut padat lalu lintas dan merupakan akses warga Kecamatan Bentengjawa menuju Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai. Sekaligus jalan menuju Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur. Akibat jalan itu terkena longsor, warga kesulitan menjual berbagai komoditas, mulai tanaman hingga ikan.

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Frumensius Anam, Minggu (13/1/2013) petang ini, meminta Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah segera mengatasi jalan yang putus di arah itu. Pemerintah harus segera menurunkan alat berat untuk penanganan darurat.

Baca Juga :  Meriahkan Harganas, Panitia Gelar Pameran Dagang

Sementara untuk penanganan jangka panjang atau perbaikan permanen, Anam menyarankan di jalur yang terkena longsor dilebarkan dan dibuatkan drainase permanen. Hal itu penting agar Pemkab Manggarai Timur tak lagi disibukkan menangani longsor di wilayah tersebut setiap tahun.

“Saya minta Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur segera mengatasi longsoran di daerah tersebut agar kendaraan kembali melewati jalan raya tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, DPRD Manggarai Timur pada 2011 lalu sudah merekomendasikan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur untuk melebarkan jalan rawan longsor di Kampung Waepaci, Desa Golo Mangung.

“Harap kali ini diperhatikan untuk menjadi prioritas, sebab dua pertiga penduduk Kecamatan Lambaleda menggunakan jalur ini untuk ke Ruteng dan ke Borong,” tegasnya. (Kompas.com)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]